Wednesday, June 13, 2012

Busana Kemeja Pria | Cara Menggambar Pola lengan

Sesuai dengan janji saya pada artikel sebelumnya, maka setelah selesai menggambar pola depan dan pola belakang kemeja, kita lanjutkan dengan menggambar pola lengan dan kerah kemeja. Artikel ini sengaja saya pisahkan dengan artikel sebelumnya, hal ini untuk memudahkan kita dalam belajar dan memahami cara menggambar pola busana dengan baik.

Pola lengan kemeja pada busana pria ada dua macam, yaitu pola lengan pendek dan lengan panjang. Dalam bahasan kali ini yang akan saya bahas adalah cara menggambar pola lengan pendek pada busana kemeja pria. Sedangkan untuk pola lengan panjang akan kita bahas pada kesempatan yang lain. Nah, untuk kali ini kemeja lengan pendek akan menjadi bahan praktek kita selanjutnya. Sebagai persiapan bahan dan alat menggambar pola lengan pendek adalah sama dengan artikel sebelumnya, jadi yang kita perlu lakukan tinggal menggambar polanya saja. Di bawah ini adalah contoh ukuran dan urutan cara menggambar yang saya ambil untuk pola lengan pendek pada kemeja.

Pola Lengan Pendek.
  1. A - B = panjang lengan = 26 cm.
  2. A - C = B - D = (A - E atau B - F pada kemeja) - 1,5 cm = 23,5 cm.
  3. C - 1 = 1/3 A - C + 2 cm.
  4. B - 2 = 1/2 lingkar ujung lengan.
  5. Hubungka titik A dengan titik 1.
  6. A - 1  dibagi 3 sama panjang.
  7. Y - 1  dibagi 3 sama panjang.
  8. x - x1 ke arah luar 1,75 cm.
Silahkan gambar pola lengan sesuai petunjuk di atas, dan nanti akan kita lanjutkan dengan menggambar pola kerah pada artikel selanjutnya. Selamat belajar.

No comments:

Post a Comment