Tuesday, May 1, 2012

Praktek Menjahit | Membuat Saku Tempel Kemeja

Salam penjahit sekalian,

Kali ini mari kita praktek membuat dan menjahit saku kemeja. Itu lho! saku depan kemeja, sambil kita berlatih agar lebih lancar menjahit dengan mesin jahit. Kedengarannya sih sepele, tapi saku juga sangat menunjang dalam keindahan dan kesempurnaan busana yang kita buat, karena menjahit saku pun ada cara dan trik tersendiri yang harus dilakukan. Sebenarnya, dalam aplikasi busana, saku sangat banyak sekali macam dan bentuknya, namun kali ini kita akan praktek membuat saku tempel depan kemeja. Membuat saku tempel adalah kesukaan saya, selain karena sangat mudah dan simpel, tapi bentuk dan modelnya juga bisa sangat bervariasi sesuai dengan kreatifitas kita masing-masing. Untuk bahan kain membuat saku tempel, kita carikan saja kain perca, jadi nggak harus beli. Tapi, kalu memang tidak ada, kita beli kain kiloan saja.

Berikut alat dan bahan yang perlu disiapkan :
1. Siapkan kain saku dengan ukuran 20cm persegi 1 lembar.
2. Siapkan kain aplikasi atau pengganti kemeja, dengan ukuran 30cm-40cm persegi 1 lembar.
3. Benang jahit, warnanya kalu bisa disamakan dan disesuaikan dengan warna kain.
4. Jarum mesin No. 11 atau No. 12.
5. Peralatan lain, seperti gunting, pita ukur, dedelan, pinset dan lain-lain.

Langkah kerja :
1. Buat pola saku seperti gambar di bawah ini. 


2. Letakkan pola di atas kain, tusuk dengan jarum pentul supaya tidak bergerak, kemudian potong dengan memberikan kampuh, atau kelebihan seperti gambar di bawah ini.

 3. Ukuran yang tertera di atas adalah lebar kampuh, dan instruksi pengguntingan pada garis putus-putus seperti tampak pada gambar di atas.
4. Setelah kain dipotong sesuai dengan pola saku, kemudian lipat tepat pada garis kampuh kemudian press dengan seterika, sehingga berbentuk sama persis dengan pola saku.
5. Jika sudah dipress dengan seterika, sekarang letakkan di atas kain aplikasi atau pengganti kemeja, tusuk dengan jarum pentul agar tidak bergerak.
6. Jika sudah, sekarang tinggal menjahitnya saja. Cara menjahitnya, letakkan potongan kain yang sesuai dengan pola saku pada kain aplikasi/kemeja.Pertama jahit membujur bagian atas saku dengan kampuh lebar/jahitan lurus, kemudian jahit mengikuti bentuk pola saku tepat pada pinggiran kain saku. Lihat gambar di bawah ini.


Nah, rekan-rekan sekalian itu tadi sekilas tentang cara membuat dan menjahit saku depan pada kemeja. Hal ini nantinya akan sangat membantu ketika kita sudah sampai pada pelajaran menjahit kemeja pria. Jadi, silahkan dicoba sampai anda benar-benar mahir. Mohon maaf jika pelajaran ini kurang lengkap,karena memang untuk saat ini materi pelajaran menjahit hanya bisa saya sampaikan dalam bentuk artikel dan gambar saja. Semoga saja nanti saya bisa memberikan materi yang lengkap dan lebih jelas, saya sih berharap bisa segera memiliki handycam jadi nanti materinya bisa dalam bentuk video juga, bisa lebih mantap. Jika ada yang kurang jelas, tinggalkan komentar saja, nanti Insya Allah akan saya follow-up secepat mungkin. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment