Monday, May 14, 2012

Cara Mengatasi Benang Mesin Jahit Yang Sering Putus

Salam penjahit sekalian,

Banyak sekali dari kita para penjahit yang menemui berbagai masalah ketika menggunakan mesin jahit. Salah satunya adalah masalah benang yang sering putus, entah itu benang bagian atas maupun bagian bawah. Menurut pengalaman saya, masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain,
1. Setelan pengatur kerapatan benang bagian atas yang terlalu rapat, solusinya harus dicek ulang dan dikendorkan setelannya pada mesin jahit.
2. Pemasangan benang pada mesin jahit kurang tepat, atau ada posisi benang yang terjepit atau tidak pada tempatnya. Coba periksa penempatan benang bagian atas apakah sudah pada jalur dan tempatnya atau belum.
3. Posisi jarum mesin jahit yang tidak tepat/terbalik. Jika posisi jarum mesin tidak tepat atau terbalik bisa menyebabkan benang bagian atas putus ketika digunakan menjahit. Solusinya adalah mengecek apakah posisi jarum mesin pada tangkainya sudah tepat atau belum, jika tidak tepat atau terbalik maka lepas jarum mesin dari tangkainya dan pasang kembali sesuai dengan posisinya yang benar. jarum mesin memiliki kepala jarum dengan bentuk setengah lingkaran di bagian depan, dan datar pada bagian belakang. Biasanya penempatan jarum mesin yang benar adalah bagian depan menghadap ke kita saat pemasangan atau berada dibagian luar, dan bagian belakang yang datar menempel pada jalur yang ada pada tangkai jarum atau berada di dalam.
4. Jika benang pada sekoci yang sering putus, berarti setelan kerapatan pada sekoci terlalu rapat, jadi harus dikendorkan.
5. Yang terakhir, menurut pengalaman saya adalah karena kualitas benang yang kurang bagus, memang hal ini sangat jarang terjadi, namun hal ini mungkin saja terjadi. Bisa saja ketika kita membeli benang, yang kita beli itu ternyata benang stok lama dan kualitas serta kekuatan benangnya sudah menurun.

Itu tadi beberapa hal yang menyebabkan masalah benang yang sering putus saat kita menggunakan mesin jahit. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. uuu berguna sekali ya, informasinya...

    makasih ya....
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, makasih atas komenx....:)

      Delete