Sunday, June 19, 2011

Peralatan dan Perlengkapan Belajar Menjahit (tambahan)

Pada posting sebelumnya telah dibahas tentang peralatan dan kelengkapan menjahit busana secara singkat. Dan pada posting kali ini akan saya tambahkan materi tambahan untuk melengkapi pengetahuan tentang alat - alat menjahit dan kelengkapannya.
Untuk bisa berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik, sangat diperlukan adanya alat dan sarana yang lengkap. Begitu juga dalam menjahit busana, hasil yang baik juga turut ditentukan oleh sarana yang ada, semakin lengkap semakin baik. Berikut di bawah ini adalah beberapa alat menjahit yang sering digunakan dalam konveksi dan tailor :

I.ALAT UKUR.
1.Penggaris siku, digunakan untuk menggambar garis lurus pada pola busana, dan mengukur tinggi batas rok dari lantai.
2.Penggaris kurva, digunakan untuk menggambar pola busana yang berbentuk kurva atau lengkung, seperti lingkar leher, kerung lengan, lingkar panggul, dan lain-lain.
3.Penggaris lurus, untuk menggambar garis lurus pada pola busana. Kalau bisa sediakan yang ada ukuran milimeternya.
4.Pita ukur, alat ukur berupa meteran berbentuk pita, dengan panjang biasanya 150 cm. Digunakan untuk melakukan pengukuran busana , karena bisa mengikuti bentuk lekuk tubuh yang kita ukur. Usahakan memiliki pita ukur yang tidak mudah mulur, agar pengukuran yang kita lakukan selalu akurat, dan busana yang kita jahit hasilnya bisa sempurna.
II.GUNTING.
5.Gunting panjang, sediakan gunting panjang dengan kualitas logam baja yang baik dan gunakan khusus hanya untuk memotong bahan atau kain saja.
6.Gunting kecil, biasa digunakan untuk memotong benang saat pengerjaan busana dengan menggunakan mesin jahit.
III.PERLENGKAPAN JARUM.
7.Jarum mesin dan jarum tangan. Sediakan selengkap mungkin sesuai dengan kebutuhan menjahit kita. Pastikan persediaan jarum sesuai dengan bahan kain yang akan dijahit.
8.Jarum pentul atau pin. Akan sangat berguna untuk membantu pembuatan pola busana, menyatukan bagian-bagian yang akan dijahit, dan juga menyatukan pola busana dengan kain yang akan dipotong.
9.Bantalan jarum, digunakan untuk menancapkan jarum-jarum jahit agar tidak berserakan.

No comments:

Post a Comment